Memberi Nomor Urut pada Slide
Anda juga bisa membubuhkan nomor urut pada slide. Jadi, Anda tahu di posisi mana Anda sedang melihat slide saat dipresentasikan. Untuk memberi penomoran pada slide pilihlah tab Insert. Selanjutnya klik ikon Slide Number. Pada kotak dialog Header and Footer klik opsi Slide
Number sehingga tercentang.
Jika sudah klik tombol Apply to All sehingga penomoran slide akan diterapkan pada seluruh slide. Aktifkan Don’t show on title slide apabila penomoran ini tidak akan ditampilkan di dalam slide pertama.
Mengenal Compatibility Checker
Compatibility Checker berfungsi untuk mendeteksi fitur‐fitur MS PowerPoint 2007 dan 2010 yang tak bisa ditampilkan secara sempurna di MS PowerPoint 2003 ke bawah. Cara memanfaatkannya sangat mudah. Pilihlah File > Info. Klik ikon Check for Issue dan pilih opsi Check Compatibility.
Beberapa saat kemudian Anda akan melihat informasi slide dan objek‐objek yang tidak bisa diedit jika Anda menggunakan PowerPoint versi sebelumnya. Apabila hanya muncul tulisan No compatibility issues were found, maka tandanya tidak ada masalah apabila file slide presentasi itu dibuka menggunakan MS PowerPoint versi lama.
Thursday, 3 November 2016
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Memasukkan Tanggal ke dalam Slide Presentasi
Ingin mendokumentasikan sebuah tanggal ke dalam slide presentasi?
Gampang saja. Lakukan langkah‐langkah sebagai berikut:
1. Klik tab Insert dan pilih ikon Date & Time.
2. Pilih format penanggalan yang diinginkan dengan mengklik salah satunya di deretan Available Formats.
3. Aktifkan kotak cek Update automatically jika tanggal ingin berubah sendiri sesuai keadaan saat ini. Atau, jika ingin membuat tanggal yang tetap‐tak‐berubah, maka tidak perlu mengaktifkan kotak cek
tersebut.
4. Tekan tombol OK.
Memberi Garis Tepi pada Slide Presentasi Saat akan Dicetak
Tanpa menggunakan theme atau gambar latar belakang apa pun, Anda akan membuat slide presentasi dengan latar belakang warna putih. Kelemahannya, posisi slide presentasi itu terhadap kertas menjadi sulit dibedakan sehingga kalau ingin dipotong, proses pemotongannya men‐
jadi sulit presisi. Untuk membedakannya, berilah garis tepi sehingga ketika dicetak, area slide presentasi akan mudah diketahui dari garis yang mengelilinginya. Caranya, pilih File > Print. Klik bagian Full Page Slides dan pilih/aktifkan opsi Frame Slides.
Mencetak Outline Slide Presentasi
Slide presentasi terdiri dari banyak teks. Oleh karena itu, tak heran jika muncul kesalahan ketik, kesalahan tulis materi, dan lain sebagainya. Cara praktis untuk mengecek kesalahan ketik itu adalah dengan mencetaknya dan membacanya di atas sehelai kertas tanpa harus ikut mencetak gambar‐gambar atau foto yang ada di slide itu. Oleh karena itu, jangan cetak slidenya, tapi cetak saja teks di dalam slide‐slide tersebut.
Caranya, pilih File > Print dan di bagian Full Page Slides, pilihlah Outline. Nanti Anda tinggal mencetak isi materi teks saja dan mengecek tulisan Anda di situ.
Ingin mendokumentasikan sebuah tanggal ke dalam slide presentasi?
Gampang saja. Lakukan langkah‐langkah sebagai berikut:
1. Klik tab Insert dan pilih ikon Date & Time.
2. Pilih format penanggalan yang diinginkan dengan mengklik salah satunya di deretan Available Formats.
3. Aktifkan kotak cek Update automatically jika tanggal ingin berubah sendiri sesuai keadaan saat ini. Atau, jika ingin membuat tanggal yang tetap‐tak‐berubah, maka tidak perlu mengaktifkan kotak cek
tersebut.
4. Tekan tombol OK.
Memberi Garis Tepi pada Slide Presentasi Saat akan Dicetak
Tanpa menggunakan theme atau gambar latar belakang apa pun, Anda akan membuat slide presentasi dengan latar belakang warna putih. Kelemahannya, posisi slide presentasi itu terhadap kertas menjadi sulit dibedakan sehingga kalau ingin dipotong, proses pemotongannya men‐
jadi sulit presisi. Untuk membedakannya, berilah garis tepi sehingga ketika dicetak, area slide presentasi akan mudah diketahui dari garis yang mengelilinginya. Caranya, pilih File > Print. Klik bagian Full Page Slides dan pilih/aktifkan opsi Frame Slides.
Mencetak Outline Slide Presentasi
Slide presentasi terdiri dari banyak teks. Oleh karena itu, tak heran jika muncul kesalahan ketik, kesalahan tulis materi, dan lain sebagainya. Cara praktis untuk mengecek kesalahan ketik itu adalah dengan mencetaknya dan membacanya di atas sehelai kertas tanpa harus ikut mencetak gambar‐gambar atau foto yang ada di slide itu. Oleh karena itu, jangan cetak slidenya, tapi cetak saja teks di dalam slide‐slide tersebut.
Caranya, pilih File > Print dan di bagian Full Page Slides, pilihlah Outline. Nanti Anda tinggal mencetak isi materi teks saja dan mengecek tulisan Anda di situ.
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Bekerja dengan Dual Monitor
Kalau mau, Anda bisa membuka dua jendela yang menampilkan sadokumen slide presentasi yang sama. Ikuti tip dan trik berikut ini:
1. Buka tab View kemudian klik ikon New Window.
2. Secara otomatis muncul jendela baru yang menampilkan dokumen yang sama, namun pada masing‐masing jendela muncul angka yang mengindikasikan urutan jendela dokumen slide presentasi ini.
Dengan adanya dua jendela, Anda bisa meletakkannya di monitor A dan sisanya di monitor B sehingga memudahkan Anda ketika bekerja sama dengan orang lain.
Menerjemahkan Teks di dalam Slide
PowerPoint 2013 dilengkapi dengan fitur untuk menerjemahkan kata atau kalimat bahkan paragraf ke dalam beragam bahasa. Kalau sudah begini, Anda bisa menampilkan konten dalam slide presentasi sekaligus belajar dalam beberapa bahasa yang berbeda. Untuk menerjemahkan
teks dalam slide, ikutilah tip dan trik berikut:
1. Klik‐drag teks dalam slide presentasi yang akan diterjemahkan sampai terblok.
2. Setelah itu, buka tab Review lalu sorot ikon Translate dan pilih opsi Translate Selected Text.
3. Selanjutnya muncul panel Research yang menampilkan bahasa sumber dan bahasa tujuan. Untuk memilih bahasa tujuan ini, sorot kotak kombo To lantas tentukan bahasa yang diinginkan. Secara otomatis teks dalam bahasa sumber langsung diterjemahkan ke dalam bahasa tujuan. Namun, harus diingat bahwa untuk menerjemahkan teks, kalimat ataupun paragraf harus ada koneksi internet.
Kalau mau, Anda bisa membuka dua jendela yang menampilkan sadokumen slide presentasi yang sama. Ikuti tip dan trik berikut ini:
1. Buka tab View kemudian klik ikon New Window.
Dengan adanya dua jendela, Anda bisa meletakkannya di monitor A dan sisanya di monitor B sehingga memudahkan Anda ketika bekerja sama dengan orang lain.
Menerjemahkan Teks di dalam Slide
PowerPoint 2013 dilengkapi dengan fitur untuk menerjemahkan kata atau kalimat bahkan paragraf ke dalam beragam bahasa. Kalau sudah begini, Anda bisa menampilkan konten dalam slide presentasi sekaligus belajar dalam beberapa bahasa yang berbeda. Untuk menerjemahkan
teks dalam slide, ikutilah tip dan trik berikut:
1. Klik‐drag teks dalam slide presentasi yang akan diterjemahkan sampai terblok.
2. Setelah itu, buka tab Review lalu sorot ikon Translate dan pilih opsi Translate Selected Text.
3. Selanjutnya muncul panel Research yang menampilkan bahasa sumber dan bahasa tujuan. Untuk memilih bahasa tujuan ini, sorot kotak kombo To lantas tentukan bahasa yang diinginkan. Secara otomatis teks dalam bahasa sumber langsung diterjemahkan ke dalam bahasa tujuan. Namun, harus diingat bahwa untuk menerjemahkan teks, kalimat ataupun paragraf harus ada koneksi internet.
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Mengubah Presentasi Menjadi Video
Anda bisa mengubah slide‐slide presentasi menjadi video. Dengan demikian, slide presentasi itu bisa disajikan lewat media audio visual non komputer, misalnya seperti DVD Player yang autorun. Untuk itu, terapkan tip dan trik berikut ini:
1. Setelah itu buka tab File > Export.
2. Pilihlah opsi Create a Video.
3. Lanjutkan dengan menekan tombol Create Video.
4. Muncul kotak dialog Save As, tentukan folder penyimpanan file video lalu tekan tombol Save. Seketika proses pembuatan file presentasi menjadi video langsung dimulai yang ditunjukkan dengan munculnya indicator process di status bar.
Mengatur Durasi Antar-Slide Presentasi Ketika Dimainkan Sebagai Video
Ketika berubah menjadi video, maka slide‐slide itu akan berganti secara otomatis tanpa dikontrol. Nah, satu‐satunya metode untuk membuat agar slide itu saling berganti satu dengan lainnya adalah dengan memanfaatkan isian Seconds spent on each slide.
Mengatur durasi tiap slide menggunakan isian seconds spent on each slide
Membandingkan File Dokumen Presentasi
Jika Anda memiliki dua file presentasi yang mirip, maka Anda bisa membandingkan bahkan juga menggabungkan slide‐slide itu menjadi satu. Simak selengkapnya dalam tip dan trik berikut:
1. Pastikan Anda telah membuka salah satu file slide‐slide presentasi.
2. Selanjutnya buka tab Review > Compare.
3. Setelah muncul jendela Choose File to Merge with Current Presentation, pilih file presentasi yang akan digabungkan. Sesudah itu tekan tombol Merge.
4. Seketika muncul ikon yang dapat Anda temukan di panel Slides sebelah kiri. Untuk menggabungkan slide, klik ikon itu dan kemudian aktifkan kotak cek Inserted Slides dan pilihlah nomor slide yang ingin digabungkan.
Pilihlah nomor slide yang ingin dimasukkan/digabungkan ke slide presentasi yang saat ini sedang Anda kerjakan Secara otomatis slide dari file presentasi yang digabungkan langsung muncul seperti berikut. Lakukanlah pada slide‐slide lainnya jika perlu.
Anda bisa mengubah slide‐slide presentasi menjadi video. Dengan demikian, slide presentasi itu bisa disajikan lewat media audio visual non komputer, misalnya seperti DVD Player yang autorun. Untuk itu, terapkan tip dan trik berikut ini:
1. Setelah itu buka tab File > Export.
2. Pilihlah opsi Create a Video.
3. Lanjutkan dengan menekan tombol Create Video.
4. Muncul kotak dialog Save As, tentukan folder penyimpanan file video lalu tekan tombol Save. Seketika proses pembuatan file presentasi menjadi video langsung dimulai yang ditunjukkan dengan munculnya indicator process di status bar.
Mengatur Durasi Antar-Slide Presentasi Ketika Dimainkan Sebagai Video
Ketika berubah menjadi video, maka slide‐slide itu akan berganti secara otomatis tanpa dikontrol. Nah, satu‐satunya metode untuk membuat agar slide itu saling berganti satu dengan lainnya adalah dengan memanfaatkan isian Seconds spent on each slide.
Mengatur durasi tiap slide menggunakan isian seconds spent on each slide
Membandingkan File Dokumen Presentasi
Jika Anda memiliki dua file presentasi yang mirip, maka Anda bisa membandingkan bahkan juga menggabungkan slide‐slide itu menjadi satu. Simak selengkapnya dalam tip dan trik berikut:
1. Pastikan Anda telah membuka salah satu file slide‐slide presentasi.
2. Selanjutnya buka tab Review > Compare.
3. Setelah muncul jendela Choose File to Merge with Current Presentation, pilih file presentasi yang akan digabungkan. Sesudah itu tekan tombol Merge.
4. Seketika muncul ikon yang dapat Anda temukan di panel Slides sebelah kiri. Untuk menggabungkan slide, klik ikon itu dan kemudian aktifkan kotak cek Inserted Slides dan pilihlah nomor slide yang ingin digabungkan.
Pilihlah nomor slide yang ingin dimasukkan/digabungkan ke slide presentasi yang saat ini sedang Anda kerjakan Secara otomatis slide dari file presentasi yang digabungkan langsung muncul seperti berikut. Lakukanlah pada slide‐slide lainnya jika perlu.
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Mengatur Jumlah Undo
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir yang dianggap salah atau keliru, misalnya salah ketik, salah memosisikan objek, keliru menentukan jumlah baris dan kolom pada tabel, dan lain sebagainya.
Berapa banyak kekeliruan yang bisa dibatalkan? Anda bisa mengaturnya sendiri dengan cara, pilih File > Options. Pilihlah opsi Advanced dan atur jumlah Undo yang ingin Anda buat di bagian Maximum Number of Undos.
Membatalkan Beberapa Perintah Sekaligus
Setelah mengatur jumlah Undo, Anda diperbolehkan untuk membatalkan beberapa perintah sekaligus secara serentak. Untuk membatalkan beberapa perintah, tekan tombol Ctrl+Z dan sambil menahan tombol Ctrl, tekanlah tombol Z berkali‐kali. Ini akan membuat banyak perintah dibatalkan.
Membatalkan Undo
Undo berfungsi untuk membatalkan sebuah perintah. Undo sendiri adalah sebuah perintah sehingga juga bisa dibatalkan. Itu artinya, Anda tidak jadi membatalkan perintah pembatalan. Untuk mengalunir Undo, tekan tombol Ctrl+Y atau tekan ikon Redo yang ada di Quick Access Toolbar.
Memanfaatkan Jumlah Recent Documents
Kalau Anda menekan tab File dan mengklik opsi Open maka di bagian Recent Presentations, Anda akan melihat daftar file yang akhir‐akhir ini Anda pakai bekerja. Fitur Show this number of Recent Documents berfungsi untuk mengatur berapa banyak file slide terakhir yang akan disajikan di dalam area Open itu.
Untuk mengatur jumlah recent documents yang bisa ditampilkan, klik terlebih dulu
File > Options dan klik opsi Advanced. Masukkan angka di bagian Show this number of Recent Documents.
Undo digunakan untuk membatalkan perintah terakhir yang dianggap salah atau keliru, misalnya salah ketik, salah memosisikan objek, keliru menentukan jumlah baris dan kolom pada tabel, dan lain sebagainya.
Berapa banyak kekeliruan yang bisa dibatalkan? Anda bisa mengaturnya sendiri dengan cara, pilih File > Options. Pilihlah opsi Advanced dan atur jumlah Undo yang ingin Anda buat di bagian Maximum Number of Undos.
Membatalkan Beberapa Perintah Sekaligus
Setelah mengatur jumlah Undo, Anda diperbolehkan untuk membatalkan beberapa perintah sekaligus secara serentak. Untuk membatalkan beberapa perintah, tekan tombol Ctrl+Z dan sambil menahan tombol Ctrl, tekanlah tombol Z berkali‐kali. Ini akan membuat banyak perintah dibatalkan.
Membatalkan Undo
Undo berfungsi untuk membatalkan sebuah perintah. Undo sendiri adalah sebuah perintah sehingga juga bisa dibatalkan. Itu artinya, Anda tidak jadi membatalkan perintah pembatalan. Untuk mengalunir Undo, tekan tombol Ctrl+Y atau tekan ikon Redo yang ada di Quick Access Toolbar.
Memanfaatkan Jumlah Recent Documents
Kalau Anda menekan tab File dan mengklik opsi Open maka di bagian Recent Presentations, Anda akan melihat daftar file yang akhir‐akhir ini Anda pakai bekerja. Fitur Show this number of Recent Documents berfungsi untuk mengatur berapa banyak file slide terakhir yang akan disajikan di dalam area Open itu.
Untuk mengatur jumlah recent documents yang bisa ditampilkan, klik terlebih dulu
File > Options dan klik opsi Advanced. Masukkan angka di bagian Show this number of Recent Documents.
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Menampilkan Seluruh Panel Dokumen
Kalau Anda bekerja dengan beberapa dokumen slide presentasi dan ingin melihat dokumen‐dokumen itu seluruhnya dalam satu layar monitor, maka pilih tab View dan klik ikon Arrange All. Nanti, panel‐panel dokumen slide presentasi yang aktif akan dijajarkan. Cocok digunakan saat Anda ingin membandingkan satu slide dengan slide lainnya.
Panel-panel dokumen slide presentasi yang dijajarkan
Mengedit Teks di dalam Slide Presentasi secara Mudah
Anda ingin mengedit teks di dalam slide presentasi secara mudah tanpa harus menghiraukan objek‐objek lain yang mungkin ada di situ (gambar, ikon, clip art, dan lain‐lain)? Klik tab View dan pilih Outline View.
Setelah itu, akan muncul deretan teks yang merepresentasikan masing‐masing teks di dalam setiap slide di panel sebelah kiri. Klik‐ganda teks yang akan diedit itu dan ketiklah teks yang baru. Untuk mengembalikan tampilan di dalam jendela PowerPoint, klik ikon Normal yang ada persis
di samping kiri Outline View tadi.
Menghilangkan Screen Tips
Screen Tips berfungsi untuk memberi informasi singkat tentang fitur jika Anda mendekatkan kursor mouse ke fitur tersebut. Berikut beberapa bentuk screen tips yang muncul di layar monitor.
Salah satu contoh Screen Tips yang akan muncul jika kita mengarahkan kursor mouse ke atas ikon-ikon
Keberadaan Screen Tips memang membantu bagi para pemula. Tapi bisa jadi, Screen Tips mengganggu untuk para pengguna veteran karena menutup‐nutupi ikon‐ikon lain yang ada di belakang screen tips itu. Jadi kalau mau, Anda bisa menonaktifkannya. Tekan tab File dan klik pada menu Options. Klik pada pilihan ScreenTip Style dan pilih Don’t show screen tips.
Pilih Don’t show screen tips untuk menghilangkan screen tips
Kalau Anda bekerja dengan beberapa dokumen slide presentasi dan ingin melihat dokumen‐dokumen itu seluruhnya dalam satu layar monitor, maka pilih tab View dan klik ikon Arrange All. Nanti, panel‐panel dokumen slide presentasi yang aktif akan dijajarkan. Cocok digunakan saat Anda ingin membandingkan satu slide dengan slide lainnya.
Panel-panel dokumen slide presentasi yang dijajarkan
Mengedit Teks di dalam Slide Presentasi secara Mudah
Anda ingin mengedit teks di dalam slide presentasi secara mudah tanpa harus menghiraukan objek‐objek lain yang mungkin ada di situ (gambar, ikon, clip art, dan lain‐lain)? Klik tab View dan pilih Outline View.
Setelah itu, akan muncul deretan teks yang merepresentasikan masing‐masing teks di dalam setiap slide di panel sebelah kiri. Klik‐ganda teks yang akan diedit itu dan ketiklah teks yang baru. Untuk mengembalikan tampilan di dalam jendela PowerPoint, klik ikon Normal yang ada persis
di samping kiri Outline View tadi.
Menghilangkan Screen Tips
Screen Tips berfungsi untuk memberi informasi singkat tentang fitur jika Anda mendekatkan kursor mouse ke fitur tersebut. Berikut beberapa bentuk screen tips yang muncul di layar monitor.
Salah satu contoh Screen Tips yang akan muncul jika kita mengarahkan kursor mouse ke atas ikon-ikon
Keberadaan Screen Tips memang membantu bagi para pemula. Tapi bisa jadi, Screen Tips mengganggu untuk para pengguna veteran karena menutup‐nutupi ikon‐ikon lain yang ada di belakang screen tips itu. Jadi kalau mau, Anda bisa menonaktifkannya. Tekan tab File dan klik pada menu Options. Klik pada pilihan ScreenTip Style dan pilih Don’t show screen tips.
Pilih Don’t show screen tips untuk menghilangkan screen tips
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Mengubah Posisi Quick Access Toolbar
Quick Access Toolbar berfungsi sebagai tempat ikon‐ikon penting agar Anda bisa mengeksekusi perintah‐perintah tertentu secara cepat, misalnya membuka atau menyimpan dokumen. Secara default, posisi
Quick Access Toolbar ada di atas ribbon. Tapi kalau mau, Anda dapat memindahkannya ke bagian bawah deretan ribbon. Caranya, klik segitiga kecil di kanan deretan ikon Quick Access ToolbarLantas pilih Show Below the Ribbon.
Menyembunyikan Ribbon secara Otomatis
Apakah keberadaan Ribbon mengganggu? Apakah Ribbon mengurangi area untuk mendesain slide presentasi? Kalau begitu, buatlah agar menjadi tersembunyi secara otomatis. Caranya, klik segitiga kecil di jendela bagian pojok kanan atas. Kalau sudah, pilihlah Auto Hide Ribbon.
Menampilkan Garis-Garis Grid
Grid membantu Anda menata posisi objek di dalam slide presentasi secara tepat dan akurat. Untuk memunculkannya, buka tab View terlebih dulu. Lantas, klik pilihan Gridlines di area Show/Hide hingga tercentang.
Memunculkan Ruler
Ruler biasanya digunakan bersama‐sama dengan Grid. Fungsinya untuk meletakkan objek secara akurat karena Anda tahu posisi koordinat sebuah objek dengan melihatnya pada Ruler. Untuk mengaktifkannya, klik tab View dan pilih opsi Ruler.
Mengetahui Titik Tengah Slide Presentasi
Tekanlah tombol Alt+F9 sehingga muncul garis horizontal dan vertikal di dalam slide presentasi. Perpotongan garis itu akan menghasilkan titik tengah yang menunjukkan bagian tengah slide.
Titik tengah slide presentasi bisa dilihat menggunakan kombinasi tombol di atas
PowerPoint untuk Pencetak Hitam Putih
Tidak semua orang suka mencetak slide presentasi dalam format berwarna, terlebih jika ujung‐ujungnya slide itu difotokopi. Masalahnya, ada warna‐warna tertentu yang jika diubah menjadi hitam putih menjadi tidak terlalu jelas. Nah lantas, seperti apa slide presentasi itu jika diubah ke warna hitam putih? Lihatlah dengan mengklik tab View dan aktifkan pilihan Grayscale.
Memilih opsi Grayscale untuk menghitamputihkan slide presentasi secara visual
Hitam Putih Tanpa Gradasi
Selain Grayscale, ada pula opsi Pure Black and White. Jika Anda mengaktifkan opsi tersebut, maka slide presentasi akan benar‐benar berwarna hitam dan putih tanpa ada skala abu‐abu. Ini bisa dipilih untuk melihat kondisi slide jika slide itu benar‐benar akan difotokopi.
Berpindah dari Satu Dokumen Slide Presentasi ke Dokumen Slide Lain Anda bisa membuka beberapa dokumen slide presentasi yang berbeda. Untuk berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya, pilih tab View. Lantas, klik opsi Switch Windows. Pilih dokumen yang akan Anda
kerjakan sekarang.
Memilih opsi Switch Windows untuk berpindah antar dokumen slide presentasi
Quick Access Toolbar berfungsi sebagai tempat ikon‐ikon penting agar Anda bisa mengeksekusi perintah‐perintah tertentu secara cepat, misalnya membuka atau menyimpan dokumen. Secara default, posisi
Quick Access Toolbar ada di atas ribbon. Tapi kalau mau, Anda dapat memindahkannya ke bagian bawah deretan ribbon. Caranya, klik segitiga kecil di kanan deretan ikon Quick Access ToolbarLantas pilih Show Below the Ribbon.
Menyembunyikan Ribbon secara Otomatis
Apakah keberadaan Ribbon mengganggu? Apakah Ribbon mengurangi area untuk mendesain slide presentasi? Kalau begitu, buatlah agar menjadi tersembunyi secara otomatis. Caranya, klik segitiga kecil di jendela bagian pojok kanan atas. Kalau sudah, pilihlah Auto Hide Ribbon.
Menampilkan Garis-Garis Grid
Grid membantu Anda menata posisi objek di dalam slide presentasi secara tepat dan akurat. Untuk memunculkannya, buka tab View terlebih dulu. Lantas, klik pilihan Gridlines di area Show/Hide hingga tercentang.
Memunculkan Ruler
Ruler biasanya digunakan bersama‐sama dengan Grid. Fungsinya untuk meletakkan objek secara akurat karena Anda tahu posisi koordinat sebuah objek dengan melihatnya pada Ruler. Untuk mengaktifkannya, klik tab View dan pilih opsi Ruler.
Mengetahui Titik Tengah Slide Presentasi
Tekanlah tombol Alt+F9 sehingga muncul garis horizontal dan vertikal di dalam slide presentasi. Perpotongan garis itu akan menghasilkan titik tengah yang menunjukkan bagian tengah slide.
Titik tengah slide presentasi bisa dilihat menggunakan kombinasi tombol di atas
PowerPoint untuk Pencetak Hitam Putih
Tidak semua orang suka mencetak slide presentasi dalam format berwarna, terlebih jika ujung‐ujungnya slide itu difotokopi. Masalahnya, ada warna‐warna tertentu yang jika diubah menjadi hitam putih menjadi tidak terlalu jelas. Nah lantas, seperti apa slide presentasi itu jika diubah ke warna hitam putih? Lihatlah dengan mengklik tab View dan aktifkan pilihan Grayscale.
Memilih opsi Grayscale untuk menghitamputihkan slide presentasi secara visual
Hitam Putih Tanpa Gradasi
Selain Grayscale, ada pula opsi Pure Black and White. Jika Anda mengaktifkan opsi tersebut, maka slide presentasi akan benar‐benar berwarna hitam dan putih tanpa ada skala abu‐abu. Ini bisa dipilih untuk melihat kondisi slide jika slide itu benar‐benar akan difotokopi.
Berpindah dari Satu Dokumen Slide Presentasi ke Dokumen Slide Lain Anda bisa membuka beberapa dokumen slide presentasi yang berbeda. Untuk berpindah dari satu dokumen ke dokumen lainnya, pilih tab View. Lantas, klik opsi Switch Windows. Pilih dokumen yang akan Anda
kerjakan sekarang.
Memilih opsi Switch Windows untuk berpindah antar dokumen slide presentasi
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
Menyimpan Slide dalam Format PDF
Kalau ingin mendistribusikan slide presentasi itu secara aman (tidak bisa diedit sembarangan) dan praktis, pilihlah format PDF. Simak dan ikuti tip dan trik berikut ini:
1. Bukalah tab File > Export.
2. Dari bagian File Types, pilih opsi Create PDF/XPS Document.
Kalau ingin mendistribusikan slide presentasi itu secara aman (tidak bisa diedit sembarangan) dan praktis, pilihlah format PDF. Simak dan ikuti tip dan trik berikut ini:
1. Bukalah tab File > Export.
2. Dari bagian File Types, pilih opsi Create PDF/XPS Document.
3. Selanjutnya tekanlah tombol Create PDF/XPS. Muncul kotak dialog Publish as PDF or XPS, tentukan folder penyimpanan dokumen tersebut, sesudahnya tekan tombol Publish.
Membuka Dokumen Slide Presentasi Hanya untuk Dilihat dan Tidak untuk Diedit
Acap kali, file‐file slide presentasi hanya perlu dibuka saja namun tidak untuk diedit, baik sengaja maupun tidak disengaja. Agar mencegah terjadinya pengeditan yang terjadi secara tak disengaja, maka Anda bisa membuka file itu dengan cara seperti ini:
1. Pilih tab File dan klik opsi Open.
2. Selanjutnya, tekan tombol Browse.
3. Pilihlah file presentasi yang akan dibuka.
4. Di sebelah kanan tombol Open terdapat anak panah kecil. Klik anak panah itu dan pilih opsi Open in protected view.
Mengecek Fitur-Fitur yang Tidak Bisa Ditampilkan dengan Sempurna (Not Compatible) oleh PowerPoint Versi Lama
Anda punya pilihan untuk menyimpan slide presentasi PowerPoint ke format atau versi lama. Namun awas, ada beberapa fitur dalam versi terbaru yang tidak dapat disimpan dengan baik jika Anda memilih penyimpanan versi lama. Untuk mengetahui fitur apa saja yang tidak bisa diakses dengan versi sebelumnya, berikut ini tip dan triknya:
1. Buka tab File > Info.
2. Klik ikon Check for Issues kemudian pilih opsi Check Compatibility.
3. Selanjutnya muncul kotak dialog Microsoft PowerPoint Compatibility Checker yang menampilkan deretan fitur yang tidak dapat diakses menggunakan program aplikasi PowerPoint versi sebelumnya. Akhiri langkah dengan menekan tombol OK.
Tip dan Trik Cepat Menguasai PowerPoint 2013
PowerPoint 2013 telah hadir. Jika Anda saat ini masih menggunakan PowerPoint 2007, maka Anda akan menemukan beberapa perbedaan mendasar. Oleh karena itu, penting untuk mengenali tip dan trik paling dasar yang ada di dalam software presentasi ini.
Bab ini mengupas tip dan trik fitur‐fitur PowerPoint 2013 yang dianggap paling penting, paling sering dipakai, dan esensial. Oleh karena itu, bab ini bisa menjadi jalan pintas tercepat untuk menguasai PowerPoint sekaligus mengenal berbagai tip dan trik yang mendasar.
Presentasi Baru Dibuat dengan Langkah-Langkah Mudah Pilih tab File dan klik opsi New. Kalau Anda tidak mau repot mendesain slide‐slide dari awal, pilih template. Apa pun pilihan Anda, asal jangan pilih Blank Presentation. Kalau ingin membuat slide presentasi benar‐benar dari nol, maka pilihlah Blank Presentation.
Menyimpan File Slide Presentasi dalam Ukuran Kecil
File presentasi yang melibatkan data‐data multimedia seperti video dan musik audio umumnya memiliki ukuran file yang besar. Padahal di satu sisi, Anda hanya membawa USB Flash Disk berukuran kecil. Kalau sudah begini, Anda bisa memperkecil ukuran file slide presentasi dengan cara mengompresnya.
Untuk itu, lakukanlah tip dan trik berikut:
1. Pilihlah tab File > Info.
2. Selanjutnya klik tombol Compress Media dan pilih opsi Presentation Quality.
3. Secara otomatis proses kompresi langsung dimulai.
CATATAN:
Opsi Compress Media tidak akan muncul jika di dalam slide presentasi tak ditemukan keberadaan filefile multimedia seperti video atau audio.
Bab ini mengupas tip dan trik fitur‐fitur PowerPoint 2013 yang dianggap paling penting, paling sering dipakai, dan esensial. Oleh karena itu, bab ini bisa menjadi jalan pintas tercepat untuk menguasai PowerPoint sekaligus mengenal berbagai tip dan trik yang mendasar.
Presentasi Baru Dibuat dengan Langkah-Langkah Mudah Pilih tab File dan klik opsi New. Kalau Anda tidak mau repot mendesain slide‐slide dari awal, pilih template. Apa pun pilihan Anda, asal jangan pilih Blank Presentation. Kalau ingin membuat slide presentasi benar‐benar dari nol, maka pilihlah Blank Presentation.
Menyimpan File Slide Presentasi dalam Ukuran Kecil
File presentasi yang melibatkan data‐data multimedia seperti video dan musik audio umumnya memiliki ukuran file yang besar. Padahal di satu sisi, Anda hanya membawa USB Flash Disk berukuran kecil. Kalau sudah begini, Anda bisa memperkecil ukuran file slide presentasi dengan cara mengompresnya.
Untuk itu, lakukanlah tip dan trik berikut:
1. Pilihlah tab File > Info.
2. Selanjutnya klik tombol Compress Media dan pilih opsi Presentation Quality.
3. Secara otomatis proses kompresi langsung dimulai.
CATATAN:
Opsi Compress Media tidak akan muncul jika di dalam slide presentasi tak ditemukan keberadaan filefile multimedia seperti video atau audio.
ICMD (Indonesian Capital Market Directory) 2015
ICMD (Indonesian Capital Market Directory)
Indonesian Capital Market Directory (ICMD) merupakan produk ECFIN yang dihasilkan sejak tahun 1990 hingga saat ini dan menjadi referensi utama bagi para pelaku pasar modal guna memperoleh informasi yang selengkap-lengkapnya tentang data dan informasi emiten serta informasi lainnya yang terkait dengan pasar modal Indonesia, khususnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).
ICMD terdiri dari :
Klasifikasi perusahaan
Rangking berdasarkan industri
Sejarah listing
Indonesian Capital Market Directory (ICMD) merupakan produk ECFIN yang dihasilkan sejak tahun 1990 hingga saat ini dan menjadi referensi utama bagi para pelaku pasar modal guna memperoleh informasi yang selengkap-lengkapnya tentang data dan informasi emiten serta informasi lainnya yang terkait dengan pasar modal Indonesia, khususnya di Bursa Efek Indonesia (BEI).
ICMD terdiri dari :
Klasifikasi perusahaan
Rangking berdasarkan industri
Sejarah listing
Lainnya
- Obligasi
- Pendukung pasar modal
- Kustodian, Biro Administrasi Efek
- Konsultan hukum
- Reksadana
- Akuntan publik
- Perusahaan sekuritas
- Wali Amanat
- Obligasi
- Pendukung pasar modal
- Kustodian, Biro Administrasi Efek
- Konsultan hukum
- Reksadana
- Akuntan publik
- Perusahaan sekuritas
- Wali Amanat
Sunday, 23 October 2016
VALIDASI DATA
Membuat Validasi Data
1. Siapkan daftar pilihan untuk membuat isian (jika perlu beri nama range daftar tersebut)
2. Aktifkan jendela Data Validatio melalui pita
Data > Data Validation > Data Validation
3. Pilih List pada field Allow: dalam bagian Validation Criteria pada tab Settings
4. Sorot atau blok range berisi daftar pilihan yang telah dibuat, atau ketik = diikuti nama range pada field Source: (jika telah dibuat nama range)
1. Siapkan daftar pilihan untuk membuat isian (jika perlu beri nama range daftar tersebut)
2. Aktifkan jendela Data Validatio melalui pita
Data > Data Validation > Data Validation
3. Pilih List pada field Allow: dalam bagian Validation Criteria pada tab Settings
4. Sorot atau blok range berisi daftar pilihan yang telah dibuat, atau ketik = diikuti nama range pada field Source: (jika telah dibuat nama range)
VALIDASI DATA
Pilihan
JANUARI BULAN : JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOPEMBER
DESEMBER
isian range
B4:B15
|
Pilihan
JANUARI BULAN : JANUARI
FEBRUARI
MARET
APRIL
MEI
JUNI
JULI
AGUSTUS
SEPTEMBER
OKTOBER
NOPEMBER
DESEMBER
nama range
BULAN
ANGKA dan TEKS
ANGKA dan TEKS
Angka 1250
Hasil 1,250 orang
1,250 ekor
1,250.00 km
Prosedur:
1. Klik tombol mouse untuk penempatan angka,
contoh pada alamat sel C4, C5 dan C6
2. Ketik angka, selanjutnya klik tombol mouse
sebelah kanan dan pilih menu Format Cells
3. Klik pilihan Custom pada tab number, pada
bagian Type: pilih format angka dilanjutkan dengan menambah teks diapit tanda
petik dua, misal "orang " - lihat gambar
4.
Akhiri klik tombol perintah OK
Catatan:
- # dan 0 untuk simbol angka
- # hanya untuk satuan, bukan angka nol di
belakang koma atau desimal
- 0 untuk angka dan satuan di belakang koma
Saturday, 23 July 2016
Menyusun Daftar Akun dalam MYOB
MYOB membagi akun dalam dua bagian yaitu akun yang digunakan sebagai total dari suatu kelompok akun yang disebut dengan HEADER, dan akun yang merupakan bagian dari akun header yang akan digunakan sebagai pos penampung suatu transaksi yang disebut dengan akun DETAIL, akun inilah yang akan digunakan sebagai penampung buku besar.
Membuka Daftar akun bisa dilalukan dengan cara:
Pertama dari Command Centre: Buka menu command Centre Pilih Accounts kemudian pilih Account List.
Cara Kedua dari menu Utama: Pilih List kemudian pilih Accounts.
Pertama dari Command Centre: Buka menu command Centre Pilih Accounts kemudian pilih Account List.
Cara Kedua dari menu Utama: Pilih List kemudian pilih Accounts.
Tipe akun dalam MYOB:
- Asset didahului dengan nomor 1-xxxx
- Liability didahului dengan nomor 2-xxxx
- Equity didahului dengan nomor 3-xxxx
- Income didahului dengan nomor 4-xxxx
- Cost of Sales didahului dengan nomor 5-xxxx
- Expense didahului dengan nomor 6-xxxx
- Other Income didahului dengan nomor 8-xxxx
- Other Expense didahului dengan nomor 9-xxxx
- Asset didahului dengan nomor 1-xxxx
- Liability didahului dengan nomor 2-xxxx
- Equity didahului dengan nomor 3-xxxx
- Income didahului dengan nomor 4-xxxx
- Cost of Sales didahului dengan nomor 5-xxxx
- Expense didahului dengan nomor 6-xxxx
- Other Income didahului dengan nomor 8-xxxx
- Other Expense didahului dengan nomor 9-xxxx
Menggantikan Akun yang Sudah Ada
MYOB telah menyediakan akun yang sudah langsung ada saat kita membuat data file perusahaan baru. Akun teraebut sudah disediakan otomatis dan akun tersebut nantinya akan digunakan MYOB sebagai default untuk transaksi yang sifatnya pasti ada di perusahaan. Akun tersebut ada yang bisa dihapus dan yang tidak bisa dihapus. Akun yang tidak bisa dihapus bisa diganti ke nomor dan nama lain. Akun yang sudah disediakan tersebut adalah sebagai berikut:
MYOB telah menyediakan akun yang sudah langsung ada saat kita membuat data file perusahaan baru. Akun teraebut sudah disediakan otomatis dan akun tersebut nantinya akan digunakan MYOB sebagai default untuk transaksi yang sifatnya pasti ada di perusahaan. Akun tersebut ada yang bisa dihapus dan yang tidak bisa dihapus. Akun yang tidak bisa dihapus bisa diganti ke nomor dan nama lain. Akun yang sudah disediakan tersebut adalah sebagai berikut:
- Cheque Account. Akun ini sama sifatnya dengan kas, sebagai default untuk mencatat transaksi penerimaan kas dan pengeluaran kas. Akun ini tidak bisa dihapus hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain, misalnya menjadi nama Cash/kas atau Cash in Bank.
- Undeposited Fund. Akun ini digunakan sebagai akun temporer (sementara) saat kita menerima pembayaran dari pelanggan berupa cek/giro yang belum jatuh tempo. Saat penerimaan cek/giro tersebut qkan dicatat mengurangi piutang, tetapi belum menjadi kas. akun ini tidak dapat dihapus, hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain.
- Trade Debtors. Akun ini digunakan untuk menampung transaksi penjualan kepada para pelanggan. Akun ini tidak dapat dihapus, hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain, misalnya Account Receivable/ Piutang Dagang/ Piutang Usaha.
- Trade Creditors. Akun ini digunakan untuk menampung transaksi pembelian kepada para pemasok. Akun ini tidak bisa dihapus hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain, misalnya Account Payable/ Utang Dagang/ Utang Usaha.Payroll Liabilities. Akun ini digunakan sebagai penampung utang atas gaji/upah yang belum dibayarkan kepada para karyawan. Akun ini dapat dihapus atau diganti nomor dan nama lain misalnya Salaries Payable/ Utang Gaji
- Retained Earning. Akun ini digunakan sebagai penampung laba periode berjalan setelah suatu file ditutup buku tahunan. Semua laba-rugi periode berjalan akan dipindahkan ke akun Retained Earning ini saat proses tutup buku dilakukan. Akun ini tidak bisa dihapus hanya bisa diganti ke nomor dan nama lain. misalnya untuk perusahaan perorangan diganti menjadi modal pemilik, untuk koperasi diganti dengan Sisa Hasil Usaha, Untuk perusahaan perseroan diganti dengan Laba ditahan.
- Current Year Earning. Akun ini akan digunakan sebagai penampung laba/rugi periode berjalan. selisih antara pendapatan densgn harga pokok dan beban dalam satu periode akan ditampung dalam akun current earning dan nilainya akan ditampilkan pada posisi neraca di bagian equity. akun ini tidak bisa dihapus hanya bisa difanti ke nomor dan nama lain misalnya Laba Periode Berjalan.
- Historical Balancing. Akun ini digunakan sebagai penyeimbang saldo awal yang dimasukkan ke neraca. jika neraca awal yang kira masukkan dari menu Setup > Balance > Account Opening Balance ada selisih antara harta, utang dan modal maka selisih ini akan dimasukkan ke akun historical balance karena prinsip akuntansi harus balance setiap transaksi. akun ini tidak bisa dihapus hanya bisa diganti dengan nomor dan nama lain.
- Wages Salaries. akun ini digunakan untuk menampung gaji karyawan. akun ini bisa dihapus.
- Others Employer Expense. Akun ini digunakan untuk menampung gaji/upah karyawan selain gaji yang sudah dicatat ke dalam akun Wages Salaries. Akun ini dapat dihapus.
Subscribe to:
Posts (Atom)