Friday 22 July 2016

Contoh Penyusunan Abstrak untuk Skripsi Akuntansi Kuantitatif

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh profitabilitas, kepemilikan manajerial dan kepemilikan publik terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Variabel dependen dalam penelitian ini yaitu manajemen laba yang diukur dengan revenue model dengan menggunakan skala nominal. Variabel independen dalam penelitian ini yaitu profitabilitas yang diukur dengan net profit margin (NPM), kepemilikan manajerial yang diukur dengan skala nominal dan kepemilikan publik yang diukur dengan persentase saham perusahaan yang dimiliki publik dengan kepemilikan dibawah 5% terhadap seluruh saham perusahaan yang beredar.
Populasi dalam penelitian ini yaitu perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Sampel ditentukan berdasarkan metode purposive sampling sebanyak 68 perusahaan manufaktur selama 2012-2014. Sumber data yang digunakan berupa laporan keuangan dan laporan tahunan yang diperoleh dari website BEI (www.idx.co.id) serta ringkasan laporan keuangan dari ICMD 2015. Teknik analisis data dengan menggunakan regresi logistik dengan menggunakan program SPSS 23.
Hasil penelitian yaitu profitabilitas dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba, dan kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI).
Kata Kunci: Profitabilitas, Kepemilikan Manajerial, Kepemilikan Publik, Manajemen Laba, Revenue Model

No comments:

Post a Comment