Friday 22 July 2016

Contoh Penyusunan Bab 5 Skripsi Akuntansi Kuantitatif

BAB V
PENUTUP

5.1       Simpulan
Berdasarkan analisis regresi logistik dan pembahasan yang telah dikemukakan dalam bab sebelumnya, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Ginantra dan Putra (2015) dan Gunawan dkk. (2015) yang menyatakan bahwa profitabilitas tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
2.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Zeptian dan Rohman (2013) dan Agustia (2013) yang menyatakan bahwa kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba.
3.      Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan publik berpengaruh signifikan terhadap manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Hasil penelitian ini sesuai dengan hasil penelitian Suryani dkk. (2015) yang menyatakan bahwa persentase saham publik berpengaruh terhadap manajemen laba.


5.2       Saran
Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian yang diperoleh, maka penulis memberikan beberapa saran sebagai berikut:
1.      Bagi investor, sebaiknya berhati-hati dalam menetapkan keputusan bisnis jangan hanya fokus pada laba karena laba merupakan bagian laporan keuangan yang tidak dapat dihindarkan dari manajemen laba, sehingga investor harus mempertimbangkan juga informasi non keuangan.
2.      Bagi perusahaan, sebaiknya meningkatkan kinerja untuk mengelola perusahaan dengan lebih efektif dan efisien tanpa melakukan manajemen laba, karena hal tersebut akan membuat laporan keuangan yang dihasilkan menjadi bias dan tidak akurat untuk mengambil keputusan.
3.      Bagi peneliti selanjutnya, agar menggunakan sampel perusahaan yang lebih banyak tidak hanya perusahaan manufaktur saja, menambah variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi manajemen laba, dan menggunakan proksi manajemen laba yang berbeda seperti Conditional Revenue Model.


No comments:

Post a Comment