•
Awal kelahiran Pancasila sebagai dasar negara dimulai
pada saat terakhir pendudukan Fasisme Jepang di Indonesia sekitar tahun 1942.
•
Disaat tentara jepang di Asia tenggara sudah mulai
terdesak oleh tentara sekutu. Tahun 1943 kekuatan tentara jepang sudah mulai
rapuh, sehingga dibeberapa medan pertempuran pihak sekutu dapat memukul mundur
tentara jepang dengan sangat mudahnya.
•
Dalam kondisi yang sangat terdesak seperti ini
menimbulkan jepang berubah sikap politiknya terjhadap negeri-negeri yang
didudukinya, termasuk terhadap bangsa Indonesia.
•
Jepang melancarkan politik merangkul bangsa Asia, dengan
memberikan kemerdekaan kepad bangsa Birma, dan philipina dengan maksud agar
kedua negeri tersebut bersedi mendukung jepang dalam menghadapi tentara sekutu.
•
Dalam kesempatan yang baik ini dimanfaatkan oleh
tokoh-tokoh bangsa indonesia untuk mendesak pemerintah jepang juga memberikan
kemerdekaan kepada indonesia. Dan desakakn seperti ini ditanggapi secara serius
oleh pemerintah jepang
•
Untuk mewujudkan kesediaany itu, pada tanggal 7 september
1944 Perdana Menteri Koyso memberikan janji akan menghadiahkan kemerdekaan
Indonesia kelak di kemudian hari.
•
Dan untuk mempersiapkan segala sesuatunya yang berkaitan
dengan janji tersebut, pemerintahan pendudukan jepang di jawa membentuk sebuah
badan yang diberi nama “DOKURITSU ZYUNBI TYOSHAKAI” atau Badan Persiapan
Usaha-usaha Kemerdekan Indonesia (BPUPKI), yang beranggotkn 60 orang ditambah
dengan 3 orng ketua yang salah satunya ada tokoh yang mewakili jepang yang
bernama Iti Bangase. Dan ketua muda dijabat oleh Radjiman Wedyodiningrat dan
Raden pandji Soeroso.
•
Pd tanggl 18 Mei 1945, berteptn dengan hari kelhiran tenno
haika seorang kaisar jepangBPUPKI dilantik oleh Letnan Jendral Kumakici Harada seorang tentara keenam belas jepang.
•
Dalam wktu yang relatif singkat sekitar 2 bulan sejak
tanggal 18 mei smpi 17 juli 1945 dengan dua kali mas sidang telah dapat
menyelesaiakan tugas berat. Yaitu berkenan dengan Dasr Negara dan Bentuk Negara.
•
Dalam setiap sidang bukannya berjalan dengan mulus-mulus
saja tapi mereka juga menglami rintangan-rintangan dlam diskusinya (dapt dibac
dalam buku Risalah sidang) namun dapat diselesikan krena merek berpegang teguh
pada prinsip demi perstuan dan kesatun dengan jiw yang amat besat demi
kepentingan bangsa dan negara.
•
Perdebatan terjadi antar dua golongan besar yaitu bung
karno ,menyebutnya dengan golongan Kebangsaan dan golongan islam.
Sebuatan seperti ini rasanya kurang enak mka akan lebih pas maka disebut saja golongan
Nasionalis sekuler dan golongan Nasionalis muslim
•
Dan harus diakui bahwa sebetulny semangat nasionalisme
inipertam kali justru muncul dari kalangan muslim (santri). Dikalangan mereka
sudah tumbul rasa patriotisme sejk lama yaitu sejak abad ke XVI (16)sejak kedatangan penjajah.
•
Ketika itu mereka menganggap bahwa negari eropa datang ke
Indonesia selain untuk mengambil rempah rempah jug akn menyebarkan agama nasrani
kepada penduduk setempat. Dan kelompok santri tentunya sangat terusik.
•
Sistem pondok pesantren adalah sistem pendidikan yang
khas pad masa itu di Indonesia, dan sistem pendidikannya lebih bersifat
religius, cenderung dogmatik, populis serta berorientasi kepada politik.
Sedangkan tipe pendidikan barat lebih bersifat intelektualistik,rasionalistik,
sekuler, elitis dan berorientsi pada birokrasi.
•
Fakta sejarah menunjukkan bahwa kedatangan bangsa eropa
yaitu sepanyol,portugis, inggris, dan belanda kenegeri jajhannya tentu tidak
lepas dari tiga motif yaitu: pertama motif ekonomi dan bentuk
eksploitasi kekayaan alm bangsa terjajah, kedua motif politik dalam
rangk melanggengkan kekuasaan dengan politik pecah belah atau sering disebut
politik Devide et impera atau politik
belah bambu.dan ketiga motif agama.
•
Sehingga targetnya puj cukup jelas akan memerangi islam
dan mengeruk kekayaan, sehingga bagi kalngn santri hal ini dianggap sangat
berbahaya.
•
Kedua sistem pendidikan diatas maka mempengaruhi pola
pikir kedua golongan tersebut.sehingga sering terjadi perbedan sampai pada sat
perumusan dasara negara. Yang termanifestasikan dalam sidang-sidang
BPUPKI.terutama dalam pembahasan dasar negara.
•
Kalangan islam
mengusulkan bahwa negara indonesia yang merdekaharus diletakkan pada diatas
lendasan islam dengan disertai alasan bahwa mayoritas masyarakat indonesia
beragama islam. Diantara yanga mengusulkan hal ini adalah seorang tokoh
Muhammadiyah yaitu Kibagus hadikusumo (ketua umum Muhammadiyah)
•
dalam salah satu
pidatonya kibagus dengan penuh keyakinan menghusulkan bahwa Islam harus
dijadikan dasar negara RI.
•
Dilain pihak golongan nasionalis, menyatakan bahwa negara
indonesia harus diletakkan diatas dasar kebngsaan, yang oleh supomo dapat
dikatakan dapat mengatasi segala golongan dan segala orang seorangmempersatukan
diri dengan lapisan rakyat seluruhnya. Dan merka berpendapat bahw
antara urusan agama dan urusan negara harus dipisahkan secara tegas
sebagaimana seperti yang diusulkan oleh bung hatta
•
Menanggapi usulan dari golongan nasionalis tersebut, ki
Bgus Hadikusuma menangkisnya dengan telak dengan mengutif salah satu kata-kata
salah seorang anggota anggota BPUPKI yang secara terang-terangan memperlihatkan
ketidak setujuan terhadap usulan negara yang berdasarkan asas islam. Bahwa dulu
ada yang mengatakn agama itu suci dan luhur dan tinggi sehingga agar tetap suci
janganlah agama dicampurnya dengan urusan negara.
•
Usulan dasar negara baik yang berasal adari golongan
nasionalis dan golongan islam ini berlangsung dengan perdebtan panjang sampai
tanggal 1 Juni 1945.
•
Namun sayangnya sejarah mengenai hal ini sekarang sudah
mulai hilang dari peredaran sehingga sulit untuk melacaknya.
•
Pada tanggal 1 juni 1945 tersebut bung karno menyampaikan pidato yang cukup panjang sekitar
21 halaman dihadapn sidang badn penyelidik. Dqlam pidato yang kerap ditimpali
dengan tepuk tangan tersebut untuk pertama kalinya ia memperkenalkan apa yang disebut “Pancasila” sekaligus beliau menyatakan bahwa pancasila ini dapat dijadikan asas kefilsafatan.
•
Pidato bung karno ini sebenarnya sebagai jalan untuk
mencari titik kompromi antra ide dari dua golongn tersebut.
•
Sehingga pada tanggal 1 juni 1945 banyak kalangan
menyebutnya sebagai hari kelahiran pancasila, yang masih berupa konsep atau
rancangan untuk diusulkan menjadi dasarnegara RI, dan bukan sama sekali sebgai
lahirnya pancasila sebagai dasar negara.
•
Tedapat banyak sekali
Rumusan-rumusan pancasila, ada 7 rumusan pancasila yang terdapt dalam dokumen
resmi, ntara lain:
•
Rumusan Mohammad Yamin, yaitu: Peri Kebangsaan, Peri Kemanusiaan, Peri
Ketuhanan, Peri kerakyatan,Kesejahteraan sosial.
•
Rumusan dari Bungkarno. Rumusan ini sebenarnya merupakan tanggapan tas permintaan dari Radjiman
Widyadinngrat selaku ketua Badan Penyelidik. Bahwa penyelidik untuk menemukan,
mendiskusikan danmmerumuskan dasar kefilsafatan dari pada indonesia merdeka.
Sehingga rumusan bung karno adalh: Nasionalisme atau kebangsaan Indonesia,
Internasionalisme atau peri kemanusiaan, mufakat atau demokrasi, kesejahteraan
sosial, ketuhanan yang maha esa.
•
Kemudian bung karno mengusulkan alternatif yaitu
pancasila dapat diringkas menjadi TRI SILA dengan memadukan sila pertama dan
sila kedua menjadi sosio nasionalisme, sementara sila ketiga dan keempat
menjadi sosio demokrasi dan ketuhana yang maha esa. Kalau sidang
menghendki dapat diperas lagi menjadi EK
SILA yaitu intisarinya adalah Gotong Royong sesuatu yang menimbulkan
kebingunagn banyak orang karena Nilai Ketuhanan yang maha Esa tak tahu dimana
rimbanya.
•
Rumusan Piagam Jakarta / jakarta Carter.segera setelah
sidang pertama selesai berakhit, 38 anggota melnjutkan pertemuan, dan akhirnya
membentuk panitia keci yang terdiri dari sembilan orang kemuadian disebut
panitia sembilan.yang bertugas untuk merumuskan ide dasar dengan bahan-bahan
yang dirumuskan dalam sidang BPUPKI pertama.
•
Sembilan tokoh tersebut secara representatif dapat
mewakili kedua golongan tadi. Dari golongan nasionalis, yaitu Bung hatta,
Mohammad Yamin,Ahmad Subardjo dan A.A. maramis sedangkan empat orang dari
kalangan islam, yituH. Agus Salim, Abi Kusumo Tjokrosujoso. KH. Kahar muzakir
(tokoh muhammadiyah)dan KH. Wahid Hasyim. (Tokoh NU).kedelapan ini dipimpin
oleh bung karno sebagai nara sumber.
•
Dalam sidang ini mereka betul-betul menunjukkan sebagai
seorang negarawan yang sangat demokratis.
•
Akhirnya munculah rumusan yang lebih dikenal dengan
piagam jakarta/jkarta carter. Yang isi rumusannya adalah sebagai berikut:
•
Ketuhanan dengan kewjiban menjalankn syriat Islam bgi
pemeluk-pemeluknya.
•
Kemanusiaan yang adil dan beradap
•
Perstuan Indonesia
•
Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam
permusyawaratn perwakilan.
•
Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.
•
Dalam sidang pleno II BPUPKI, sila pertama diprotes oleh
J. Latuharhay salah seorang kristiani dari indonesia timur. Dia mengusulkan
agar tujuh kata dibelakang ketuhanan dihapuskan saja sehingga berbunyi
Ketuhanan saja, secara sepontan ditanggapi oleh kibagus hadikusumo. Dengan
mengajukan interupsi juga. Kibagus setuju dengan kalimat yang dihapus, tapi
yang dihapus kata-kata”bagi pemeluk-pemeluknya” saja. Sehingga rumusannya menjadi ketuhanan ,
dengan kewjiban menjalankan syariat Islam.
•
Sesungguhnya usulah kibagus ini hanya untuk mengimbangi
usulan dari J. Latuharhay. Usulan latuharhay tersebut terlihat hanya
melihat kepentingan sepihak saja tanpa mempertimbangkan pihak-pihak yng lainnya
karena jelas ap yang tertuang dalam piagam jakarta adalh sebuah bentuk
kompromi, karena didalam rumusan tersebut dimaksudkan umat islam diberi hak
untuk mengatur rumah tanggnya sendiri dengan menjalankan syariat islam bagi
pemeluk-pemeluknya.
•
Rumusan pancasila 18 Agustus 1945. sesudah pekerjaan utama BPUPKI selesai
kemudian badan ini dibubarkan, dan selanjutnya pada tanggal 7 agustus 1945
dibentuklah badn lain yang dinamakan “DOKURITSU ZYUNBI IINKAI” Atau sering disebut PPKI (panitia persiapan
kemerdekaan Indonesia). Terdiri dari 21 orang yang seluruhnya bekas anggota BPUPKI.
•
Semula tugas PPKI adalah mempersiapkan segla sesuatu yang
berhubungan dengan pelaksanaan serah terima hadiah kemerdekan dari”Saudara
tua Dai Nippon” yang menurut rencana akan diserahkan pada tanggal 24
agustus 1945.
•
Namun kenyataan ini jadi berantakan ketika sekutu
menjatuhkan Bom di Hirosima dn nagasaki yang meluluhlantakkan kedua kota
tersebut, yang mengakibatkan jepang harus menyerah secara total kepada sekutu
pada tanggl 14 agustus 1945.dengan menyerahnya jepang kepadsa sekutu artinya
jepang sudah tidak lagi mempunyi kedaulatan atas wilayah indonesia. Mulai saat
itu di Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan (Vacuum of power)
•
Akhirnya saat yang sangt baik ini dimanfaatkn oleh bangsa
Indonesia untuk melakukan langkah besar menuju Indonesi merdeka, dengan langkah
yang intensif dalam waktu yang singkat,
baik dari angkatan tua mupun angkatn muda khirnya mencapai titik final dalam
bentuk PROKLAMASI KEMERDEKAN pad tanggal 17
Agustus 1945.
•
Selesainya Proklamasi Kemerdekaan mk seluruh tokoh PPKI
sepakat untuk melakukan sidang pada esok harinya (tanggal 18 gustus 1945) agar
tidak terkesan bahw PPKI ini ats bentukan jepang dan maka kenggotnnya ditambah
dengan enam anggot salh satunya dalah R.A.A. Wiranata Kusuma. Dan Ki Hajar
Dewantara.
•
Hari sabtu tanggal 18 agustus 1945 sidang akan dimulai
jam 09:30. tetapi ditunda karena bung Hatta ingin melakukan lobi kepada
golongan Islam.untuk membicarakan tujuh kata dibelakang kata Ketuhanan,
•
Dalm pertemuan itu bung Hatta menjelaskan bahw kemarin
dirinya didatangai oleh seorang opsir Kaigun Jepang dari Indonesi timur dengan
membawa pesan dari golongn kristiani dan katolik, yang sangat keberatan dengan
tujuh kata tersebut. Dan kalau tujuh kata tersebut tetap dicantumkan maka
mereka lebih suka berdiri di luar Republik.
•
Hal ini yang menjadikan golongan islam menjadi berubah pikirn dengan mengedepankan persatuan dan kesatuan maka akhirnya tujuh kt
tersebut dignti dengan Yang maha esa sehingga bunyinya menjadi Ketuhanan
yang maha Esa. Ketika Kibagus ditanya oleh salah seorang golongan muslim
bertanya kepada Kibagus makna dari Ketuhanan yang
Maha Esa tersebut, maka dengan singkat ki Bagus menjawab, dengan kata “Tauhid”(ilmu
tentang keesaan allah)
•
Disinilah pengorbanan umat islam yang sangat besar demi
persatuan dan kesatuan bangsa.
•
Adapun rumusan pancasila sebagaiman terdapat dalam naskah
UUD 1945 inilah yang dinamakan rumusan resmi dari Pancsila yng dilakukan pada
tanggal 18 gustus 1945. sebagaimna ditegaskan dalam instruksi Presiden No. 12
Tahun 1968 sebagai berikut.
§ Ketuhanan Yang Maha Esa
§ Kemanusiaan yang adil dan beradap
§ Persatuan Indonesia
§ Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan
/Perwakilan
Keadilan Sosial bagi seluruh rakyat Indonesia
singkat drmn
ReplyDeleteThanks ya sob udah share , blog ini sangat bermanfaat sekali .............
ReplyDeletebisnistiket.co.id
maaf blognya masing kurang
ReplyDeletemakasiih banyaak, membatu bangett
ReplyDelete