Friday, 11 January 2013

PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI


Proses Perubahan
  1. Tekanan dan desakan
  2. Intervensi dan reorientasi
  3. Diagnosa dan pengenalan masalah
  4. Penemuan dan komitmen pada penyelesaian
  5. Percobaan dan pencarian hasil-hasil
  6. Penguatan dan penerimaan

Kekuatan-kekuatan perubahan eksternal dan internal

Dua Pendekatan Perubahan Manajerial

PENOLAKAN PADA PERUBAHAN
1.      Orang mungkin menyangkal bahwa perubahan sedang terjadi
2.     Orang mungkin mengabaikan perubahan
3.     Orang mungkin menolak perubahan
4.     Orang mungkin menerima perubahan & menyesuaikan diri dengan perubahan tsb
5.     Orang mungkin mengantisipasi perubahan dan merencanakannya

Tiga Sumber Umum Penolakan Terhadap Perubahan
l  Ketidakpastian tentang akibat dan pengaruh perubahan
l  Ketidaksediaan untuk melepaskannya
l  Pengetahuan akan kelemahan-kelemahan dalam perubahan yang diusulkan

Penanggulangan Penolakan Terhadap Perubahan
  1. Pendidikan dan komunikasi
  2. PArtisipasi dan keterlibatan
  3. Kemudahan dan dukungan
  4. Negoisasi dan persetujuan
  5. Manipulasi dan bekerja sama
  6. Paksaan eksplisit dan implisit

Perubahan Keperilakuan yang Efektif (Kurt Lewin)
l Unfreezing, yaitu keadaan dimana oran akan menjadi siap sedia untuk memperoleh atau mempelajari perilaku baru
l Changing, terjadi bila orang mulai melakukan percobaan dengan perilaku baru
l Refreezing, telah terjadi bila orang memandang bahwa pola perilaku baru yang telah dicobanya selama periode changing manjadi bagian orang tersebut.

Pendekatan Perubahan Organisasi
l  Pendekatan Struktur
l  Pendekatan Teknologis
l  Pendekatan Orang 

Pengembangan Organisasi
adalah suatu usaha jangka panjang untuk memperbaiki proses-proses pemecahan masalah dan pembaharuan organisasi, terutama melalui manajemen budaya organisasi yang lebih efektif dan kolaboratif  dengan tekanan khusus pada budaya tim-tim kerja formal dengan bantuan pengantar perubahan, katalisator, dan penggunaan teori dan teknologi ilmiah keperilakuan terapan, mencakup riset kegiatan. (Wendell L. French)

Keberhasilan Program PO
l  Pengenalan oleh manajer puncak atau lainnya bahwa organisasi mempunyai berbagai masalah
l  Penggunaan tenaga ahli
l  Dukungan dan keterlibatan manajer tingkat atas
l  Keterlibatan pimpinan kelompok kerja dan departemen
l  Pencapaian sukses awal dengan usaha PO
l  Pendidikan
l  Penghargaan
l  Pengembangan Sumber daya PO Internal
l  Manajemen Efektif program PO
l  Pengukuran hasil




No comments:

Post a Comment